Rabu, 16 Juni 2010

汉字hanzi aksara mandarin/tionghoa

ksara tionghoa/hanzi汉字
1. Penciptaan Aksara Tionghoa 汉字的产生
2. aksara tionghoa yang ada paling awal.现存最早的汉子
3.tulisan/prassati batu gong石鼓文
4. struktur aksara tionghoa-enam sistem penciptaan 汉字的结构-六书
5. "jiwa"/spirit dasar sturktur aksara tionghoa汉字结构的基本精神
6. modernisasi dan reformasi aksara tionghoa 汉字的改革与汉字现代化

kalau dipandang dari sudut budaya,tulisan merupakan salah satu alat pencatat dan penyebaran budaya,karena tulisan menuliskan dan mencatat pencapaian hasil dan jejak sejarah perkembangan budaya. semua hasil karya penemuan dan kebijaksanaan leluhur, dengan tulisannyalah baru dapat diwariskan selamanya.dan semua kebijakan,kepintaran,orang sekarang dan akan datang mendapatkan kemajuan dan pencerahan dari catatan tulisan juga.umat manusia jikalau tidak ada tulisan,maka dipastikan akan berada dalam sebuah era yang barbar dan dungu.karena itu,tulisan bukan hanya merupakan cahaya penerang bagi umat manusia memasuki era peradaban,tulisan juga merupakan alat untuk mengembangkan,meyebarluaskan peradaban umat manusia untuk selama-lamanya.

proses perkembangan peradaban manusia,adalah dimulai dengan adanya bahasa terlebih dahulu,baru kemudian tercipta tulisan,hal ini dikarenakan bahasa lisan sudah tidak dapat memuaskan manusia untuk berinteraksi dan mencatat peristiwa lagi,sehingga terciptalah sebuah sistem simbol komunikasi,yang digunakan uintuk mencatat bahasa lisan. dengan terciptanya tulisan melambangkan sebuah peradaban komuni /masyarakat memasuki sebuah era kemajuan,, dan melambangkan cipta,rasa,karsa manusia yang terkumpul menjadi/sebagai kekayaan intelektual. sesuai dengan perkembangan masyarakat,tulisan juga mengalamii kemajuan/perubahan terus menerus.kalau dilihat dari pola pada umumnya,perubahan perkembangan tulisan selalu berubah dari yang bersifat konkrit menjadi abstrak,dari yang bersifat persepsi menjadi rasio,dari yang komplit/rumit menjadi semakin simpel/gamblang.kalau demikian apakah hal ini berlaku juga dalam sejarah perubahan aksara tionghoa juga?

1. sejarah terciptanya / munculnya aksara tionghoa

mengenai sejarah terciptanya tulisan tionghoa ada 3 teori/pandangan yaitu:

1. aksara tionghoa diciptakan oleh fuxi伏羲, karena fuxi menemukan bagua 八卦simbol heksagram,dan menurut para ahli tulisan tionghoa tercipta dimulai dari perubahan simbol bagua/heksagram.

2. aksara tionghoa, awalnya adalah cara membuat catatan dengan simpul结绳记事,dan menurut sejarah awalnya catatan simpul ditemukan oleh shennong神农

3. kasara tionghoa ditemukan oleh menteri kaisar kuning /huang di 黄帝, yang bernama cangjie仓颉.

teori mengenai aksara tionghoa berasal dari bagua/heksagram, teori ini sudah disanggah banyak para ahli.walaupun heksagram merupakan sebuah simbol informasi,tetapi arti terkandung didalamnya sampai sekarang masih belum terlalu jelas. simbol dasarnya adalah "一“ dan "一 一“,kalau di denga tulisan jiaguwen甲骨文/tulisan tulang,jinwen金文/tulisan logam,dilihat dari bentuk sangatlah berbeda jauh,dan tidak mungkin menjadi asal usul dari kedua tulisan itu.

teori mengenai catatan simpul, kebanyakan para ahli juga tidak sependapat.dan menganggap simpul hanya sebuah cara untuk mencatat sesuatu hal saja.dan kebanyakan masyarakat purba mengunakan cara demikian untuk menyampaikan informasi, dan tidak berubah menjadi sebuah tulisan sampai sekarang.

kalau begitu apakah benar tulisan / aksara tionghoa ditemukan oleh seorang yang bernama Cang Jie?

sejarah mengenai seseorang yang bernama cangjie yang menemukan tulisan sudah ada sejak akhir jaman negara-negara berperang 战国末期,sekitar abad ke 3 SM. kalau begitu siapakah cangjie itu? ada orang mengatakan bahwa cangjie adalah seorang raja pada jaman kuno,seorang raja yang hidup diantara jaman huangdi/kaisar kuning dan jaman shennong, ada yang mengatakan bahwa ia hidup pada jaman kaisar yan di炎帝,dan ada juga mengatakannya dia hidup pada jaman fuxi.

tetapi menurut sima qian dan ban gu,ahli sejarah pada jaman dinasty han,mengatakan bahwa cangjie adalah menterinya kaisar kuning. karena itu dapat disimpulkan bahwa secara garis besar, cang jie adalah seseorang yang hidup sekitar 4000 tahun yang lalu pada sebuah masyarakat patrialis awal. menurut catatan buku kuno,cang jie adalah "seorang yang memiliki empat mata, memiliki kemampuan dewata,dengan mengamati pergerakan bintang di jagat raya, dan menyelidiki garis dari tempurung kura-kura, dan jejak dari burung-burung, mengambil semua yang indah-indah,dikumpulkan semuanya,digabungkan mejadi tulisan(kuno)."

sekarang, apakah aksara tionghoa merupakan ciptaan dari cangjie?kalau dilihat dari sejarah perkembangan manusia, dan ditinjau dari tingkat kebudayaan dan produksi manusia jaman dulu yang rendah, kalau hanya seorang saja menciptakan sebuah tulisan adalah sesuatu hal yang mustahil;jika dilihat dari proses terciptanya sebuah tulisan, hal itu memerlukan waktu yang sangat panjang,dan tak seorang pun mampu melewati proses demikian.karena itu teori mengenai cang jie menciptakan tulisan tionghoa tidak dapat 100 dipercayai.

namun, juga tidak dapat menampik pendapat bahwa cangjie tidak ada hubungannya dengan tulisan tionghoa. dilihat dari uraian diatas mengenai catatan kitab kuno yang mengatakan "dengan mengamati bintang-bintang,dan melihat garis-garis tempurung kura-kura dan jejak kaki burung" , makna ini sebenarnya menunjuk "pictogram"; dan " mengumpulkan semua yang indah" arti sebenarnya adalah mengambarklan keindahan dari sebuah gambar.jadi kesimpulannya, bahwa aksara tionghoa,pada awalnya adalah berupa pictogram dan gambar-gambar pada masyarakat purba.

masyarakat purba memiliki banyak klan.setiap klan memiliki simbol gambar/totem bagi klannya.totem/gambar ini dijadikan sebuah simbol klan atau nama klannya.totem ini biasanya digambarkan di benda-benda yang dipakai ataupun ditato dibadan sebagai simbol untuk membedakan klan-klan lainnya.kemudian,klan-klan tersebut ada yang tergabung menjadi aliansi suku/puak.dan pada alat-alat yang digunakan semakiin banyak gambar yang digambarkan.hal ini dapat dibuktikan dengan penemuan peninggalan purba yang ditemukan jaman modern ini,dimana banyak ditemukan alat-alat dari jaman batu yang berupa tembikar yang diatasnya ada banyak pola dan gambar, seperti gambar rusa,kuda,ikan,kodok dll. dan gambar pada tembikar ini ditafsir oleh para ahli mengandung arti tertentu.

karena itu, dapat dijadikan alasan bahwa orang kuno yang mengatakan cang jie yang menemukan tulisan,sebenarnya adalah nama sebuah suku/puak,ataupun nama kepala suku ini.mereka dalam proses pergerakannya,dikarenakan diperlukan adanya alat komunikasi dalam hubungan interaksi mereka yang semakin luas,mereka menyerap dan mengatur kembali gambar-gambar dan simbol komunkasi dari suku lain.,dan akhirnya mereka menjadi sebuah suku yang sangat maju kebudayaannya pada masa (purba) tersebut. kalau dilihat dari anggapan bahwa" cang jie adalah seorang pejabat dari kaisar kuning", boleh juga kita menganggap bahwa cangjie adalah sebuah bagian dari suku / klan huang di/kaisar kuning. karena ini sekarang didaerah tiongkok , baik propinsi shandong, henan,shaanxi bertebaran makam-makam cang jie dan kuil pemujaan cang jie.walaupun peninggalan kuno ini orang belakangan yang membuatnya berdasarkan legenda-legenda.tetapi kalau dilihat dari sudut pandang lain, hal ini menjelaskan bahwa pergerakan dari klan cangjie sangat luas dan pengaruhnya sangatlah luas. dalam wilayah yang begitu luas, mereka menyerap gambar/simbol dari berbagai klan, sehingga mengatur ulang simbol tersebut. inilah awalnya terbentuknya sebuah tulisan yang bernama 汉字hanzi atau aksara tionghoa.

untuk point:
2. aksara tionghoa yang ada paling awal.现存最早的汉子
3.tulisan/prassati batu gong石鼓文
4. struktur aksara tionghoa-enam sistem penciptaan 汉字的结构-六书
5. "jiwa"/spirit dasar sturktur aksara tionghoa汉字结构的基本精神
6. modernisasi dan reformasi aksara tionghoa 汉字的改革与汉字现代化

0 komentar:

Posting Komentar